Berita

Okky Ingatkan Perusahaan Beri THR untuk Karyawan

Berita|Selasa 21 Juni 2016 09:22 WIB

okky ingatkan perusahaan beri thr untuk karyawan

Setiap perayaan hari keagamaan, perusahaan diwajibkan membayarkan tunjangan hari raya (THR). Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP mengingatkan perusahaan agar menunaikan kewajibannya.

Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri, Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati mengimbau perusahaan agar segera memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan, dua minggu sebelum Lebaran atau tepat pada hari ini, Selasa (21/6/2016).

Menurut Okky, pemberian THR diharapkan dapat mempermudah masyarakat mempersiapkan diri untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. "Kami mendukung imbauan ini untuk memudahkan para pekerja menyiapkan perayaan hari raya idul fitri jauh-jauh hari. Meskipun, merujuk Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) RI No 6 Tahun 2016 Pasal 5 ayat (4), THR maksimal dibayarkan tujuh hari menjelang Lebaran," kata Okky, dalam keterangan tertulis.

Tidak hanya mengenai waktu pembayaran, politikus PPP itu juga menjelaskan bahwa dalam Permenaker No 6 Tahun 2016 terdapat norma baru yang harus dipatuhi perusahaan, bahwa karyawan yang baru bekerja satu bulan juga berhak mendapatkan THR.

"Sebagai norma baru, pemerintah semestinya telah melakukan sosialisasi hal tersebut ke perusahaan-perusahaan," kata Okky.

Selain itu, Okky juga mengimbau agar Kemenaker dapat melakukan pengawasan secara maksimal. Hal itu perlu dilakukan untuk monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembayaran THR oleh perusahaan-perusahaan.

"Idealnya, pihak Kemenaker melakukan langkah pro aktif untuk pengawasan dalam pelaksanaan pembayaran THR dari perusahaan ke karyawan. Aparat yang berwenang juga harus memberi sanksi," ucap dia.

Terkait sanksi, Kemenaker diminta untuk tegas menindak perusahaan yang terlambat atau abai dalam menjalankan Permenaker RI Nomor 6 Tahun 2016. Jangan sampai timbul indikasi bahwa aturan tersebut hanya tegas di atas kertas. "Tapi nihil dalam implememtasi di lapangan," ujar dia. [sumber; metrotvnews.com]

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

59 + 13

Quote

Masalah gizi dan kependudukkan harus diprioritaskan. Karena kekayaan suatu negara pada kualitas penduduknya. Jokowi sudah memiliki Nawacita yang salah satunya membangun Indonesia dari paling luar/Timur. Tapi nampaknya hal itu masih jauh api dari panggang.

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.