Berita

Konstitusi Perlakukan Perempuan dalam Posisi Setara

Berita|Jumat 29 April 2016 08:52 WIB

konstitusi perlakukan perempuan dalam posisi setara

Peringatan Hari Kartini semestinya tidak sekadar hanya berdimensi selebrasi dan seremoni. Pemaknaan terhadap Hari Kartini semestinya dipahami secara utuh. Salah satunya soal komitmen konstitusi yang menempatkan perempan dalam posisi setara. Semangat konstitusi di antaranya berisi anti diskriminasi dan pro kesetaraan.

Jakarta - Momentum peringatan hari Kartini pada 21 April 2016 dimanfaatkan anggota MPR RI dari Fraksi PPP Okky Asokawati bertemu dengan kelompok perempuan yang berada di Dapil DKI Jakarta II.

Anggota MPR RI dari Fraksi PPP Okky Asokawati berkesempatan melakukan pertemuan dengan kelompok perempuan dalam rangka memperingati Hari Kartini dan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. "Konstitusi telah menempatkan perempuan dalam posisi setara dengan laki-laki. Ini pesan penting yang terkandung dalam konstitusi kita," ujar Okky di hadapan ratusan perempuan, Kamis (28/4/2016).

Lebih lanjut Okky menyebutkan spirit konstitusi yang menempatkan perempuan dalam posisi setara, dimanifestasikan dengan regulasi yang dibentuk DPR dan Pemerintah yang menempatkan perempuan dalam posisi yang juga setara. "Berbagai UU yang disahkan DPR dan pemerintah memberikan porsi penting terhadap perempuan. Contohnya UU Paket Politik yang telah lama memberi porsi dalam keterwakilan perempuan di ranah politik," cetus Okky.

Kondisi demikian, imbuh Okky, harus dimanfaatkan bagi perempuan untuk aktif di ruang publik dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai ibu dan istri. "Polanya kerjasama, bukan saling menegasikan dengan laki-laki," pesan Okky.

Peserta diskusi dan sosialisasi tampak antusias mendengarkan paparan Okky. Selain itu, tidak sedikit yang bertanya terkait dengan perkembangan terkini sejumlah kebijakan yang sedang dibahas di DPR.

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

67 + 21

Quote

Masalah gizi dan kependudukkan harus diprioritaskan. Karena kekayaan suatu negara pada kualitas penduduknya. Jokowi sudah memiliki Nawacita yang salah satunya membangun Indonesia dari paling luar/Timur. Tapi nampaknya hal itu masih jauh api dari panggang.

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.