Berita

Ini Pandangan Okky Terhadap Jajanan Anak Mirip Kondom

Berita|Selasa 26 Januari 2016 09:49 WIB

ini pandangan okky terhadap jajanan anak mirip kondom

Jajanan anak di sekitar sekolah dan lingkungan perumahan kian tak terkontrol. Padahal risiko akibat makanan tersebut cukup fatal. Tidak menutup kemungkinan bakal mengancam bonus demografi di Indonesia pada tahun 2020-2030 mendatang. Pemeirntah harus memberi perhatian serius atas persoalan ini.

Jakarta - Komisi IX DPR menilai temuan jajanan anak yang mirip kondom di Bekasi karena tidak efektifnya satgas yang dibentuk BPOM bersama kepolisian serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan pengawasan makanan.

Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati sangat menyesalkan  beredarnya jajanan anak menyerupai kondom. Apalagi, BPOM merilis jajanan tersebut tidak terdaftar.

Meski sebenarnya anak tentu tidak tahu apa itu kondom, lanjut Okky, yang patut digarisbawahi jajanan anak-anak harus dipastikan bersih dan menyehatkan, tentu juga bentuk makanannya tidak menimbulkan polemik.

Okky menuturkan, temuan jajanan ini seharusnya menjadi momentum seluruh stakeholder untuk mengaudit secara sungguh-sungguh dan komprehensif terhadap seluruh makanan dan jajanan bagi anak-anak baik di sekitar sekolah maupun lingkungan rumah.

"Satgas yang dibentuk oleh BPOM bersama kepolisian serta Kemendagri terkait dengan pengawasan makanan ini terbukti tidak berjalan efektif. Di era otonomi daerah ini, peran pemda juga menjadi kunci untuk keberpihakan terhadap kesehatan makanan anak-anak sekolah," jelas Okky dalam rilis yang diterima Sindonews, Selasa (26/1/2016).

Okky menuturkan, Pemda harus proaktif terhadap kesehatan makanan anak-anak sekolah. Selain itu, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) semestinya kembali digalakkan di sekolah-sekolah. Dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dinas kesehatan di pemerintah daerah harus memberi perhatian serius terhadap keberadaan UKS. [sindonews.com]

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

47 + 70

Quote

Kasus lelang keperawanan dan jasa nikah siri merupakan tindakan yang jauh dari peradaban kemanusiaan. Dalam kasus tersebut, perempuan menjadi obyek penderita, perempuan menjadi korban dan perempuan menjadi komoditas

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.