Berita

Elit Partai Harus Dorong Perempuan Terjun ke Ranah Politik

Berita|Selasa 27 Oktober 2015 14:16 WIB

elit partai harus dorong perempuan terjun ke ranah politik

Peran aktif kaum perempuan dalam ranah politik membutuhkan komitmen kuat dari elit partai politik untuk mendorong kaum perempuan aktif.

Jakarta - Politisi perempuan Partai Persatuan Pembangunan Okky Asokawati merasa beruntung bisa hadir pada konferensi Inter-Parliamentary Union di Jeneva, Swiss minggu lalu.

Bisa hadir dalam acara ini, menurutnya, paling tidak, dapat mengasah empati terhadap isu internasional selain memperkuat eksistensi parlemen Indonesia di kancah internasional. Dalam acara ini Okky Asokawati hadir mewakili Indonesia bersama dengan beberapa anggota DPR lainnya. Okky ikut dalam sidang komite Parliamentary oversight and political will.

"Pada sidang tersebut dibahas perlunya peran aktif para angota parlemen khususnya yang wanita untuk mengawal dan berpartisipasi aktif dalam kancah politik. Saat itu, saya kemukakan, hal utama adalah bagaimana membuat para perempuan mau masuk ke dalam ranah politik. Political will para perempuan tentu harus didorong juga oleh para elite partai," papar Okky, Senin (26/10/2015).

"Tidak akan ada demokrasi tanpa pengambilan keputusan yang setara antara laki-laki dan perempuan di semua lini," Okky menambahkan.

Selain ikut dalam komite tersebut, Okky menganggap penting untuk menjadi catatan mengenai penghapusan kekerasan terhadap wanita. Hal mana, menurutnya, banyak terjadi pada domestic worker.

"Dan belum banyak negara-negara yang memiliki kebijakkan-kebijakan terkait dengan kemerdekaan dan keamanan bagi para perempuan. Jadi, political will dan komitmen diantara para politisi untuk melaksanakan gender equality merupakan hal yang krusial," pungkas Okky Asokawati.

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

40 + 69

Quote

Masalah gizi dan kependudukkan harus diprioritaskan. Karena kekayaan suatu negara pada kualitas penduduknya. Jokowi sudah memiliki Nawacita yang salah satunya membangun Indonesia dari paling luar/Timur. Tapi nampaknya hal itu masih jauh api dari panggang.

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.