Berita

Okky Nilai Rencana Kenaikan Iuran BPJS Tidak Tepat

Berita|Rabu 18 Maret 2015 22:45 WIB

okky nilai rencana kenaikan iuran bpjs tidak tepat

Rencana pemerintah menaikkan iuran BPJS dikiritisi oleh anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP Okky Asokawati. Ia menilai rencana tersebut semakin menambah beban masyarakat yang saat ini telah menaggung sejumlah kenaikan komoditas bahan sembako.

Jakarta - Wacana kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) pada tahun 2016 dinilai saat ini sangat tidak tepat.

“Temuan saya selama reses di Dapil, hal ini sangat meresahkan rakyat. Karena isu itu muncul ketika harga beras naik, premium naik diam-diam, dolar melonjak terus juga kegaduhan politik yang tak henti,” ujar anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati dalam rilisnya, Senin (16/3).

Anggota Fraksi PPP DPR ini pun menilai, jika rencana itu jadi dilaksanakan, beban masyarakat semakin berat. Daripada menyatakan kenaikan iuran, ujarnya, lebih baik pemerintah bersama BPJS Kesehatan menyatakan tujuan-tujuan mereka untuk menyempurnakan infrastruktur kesehatan setelah mendapat suntikan dana sebesar Rp 6 triliun dari Kemenkeu.

Situasi keuangan BPJS Kesehatan yang defisit saat ini dikarenakan Kemenkeu ketika menentukan besaran iuran baik untuk kepesertaan PBI dan Mandiri pada tahun 2014 lalu tidak mengikuti saran dari Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN).

Saat itu, menurut Okky, DJSN menyarankan besarnya iuran untuk PBI adalah Rp 27 ribu. Namun, pemerintah memutuskan sebesar Rp 19.225. “Kalau nanti memang pemerintah benar-benar akan melaksanakan penambahan besaran iuran, maka masukkan akademisi terkait dengan hal ini benar-benar harus diperhatikan dan dipertimbangkan baik-baik,” terangnya. [sumber republika online]

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

89 + 16

Quote

Kasus lelang keperawanan dan jasa nikah siri merupakan tindakan yang jauh dari peradaban kemanusiaan. Dalam kasus tersebut, perempuan menjadi obyek penderita, perempuan menjadi korban dan perempuan menjadi komoditas

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.