Berita

Pemerintah Harus Tanggung Jawab atas Nasib TKI di Arab Saudi

Berita|Selasa 05 Nopember 2013 18:30 WIB

pemerintah harus tanggung jawab atas nasib tki di arab saudi

Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati meminta pemerintah bertanggungjawab terhadap 73 ribu TKI di Arab Saudi yang belum mendapat pemutihan. Ia menyarankan agar pemerintah mencari tahu kenapa sekian banyak TKI belum mendapat amnesti.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati meminta pemerintah bertanggungjawab terhadap 73 ribu TKI di Arab Saudi yang belum mendapat pemutihan. Ia menyarankan agar pemerintah mencari tahu kenapa sekian banyak TKI belum mendapat amnesti.

"Apakah karena memang sosialisasi dari pemerintah RI yang kurang atau dari pihak Arab Saudi yang kurang? Tapi harus dicari tahu agar tidak terjadi di hari-hari mendatang," kata Okky melalui pesan singkat, Selasa (5/11/2013).

Okky juga mendesak pemerintah bertanggungjawab memulangkan mereka kembali. Apalagi, ia mengetahui beberapa waktu lalu, ada yang dipulangkan bersama rombongan haji.

"Pemerintah harus mencari tahu dimana keberadaan 73 ribu TKI, karena pemutihan batas akhir 3 November 2013," ujar Politisi PPP itu.

Artinya, kata Okky, yang belum terkena pemutihan ini berarti TKI illegal yang akan terkena sanksi hukum. Itu yang harus diperhitungkan oleh pemerintah, sebelum mereka dipulangkan ke Indonesia.

Menurut Okky, langkah ini penting agar sanksi hukum bisa dipantau. "Pemerintah melalui Kementerian luar negeri dan BNP2TKI harus segera melakukan pengontrolan terhadap nasib mereka setelah 3 November 2013 ini dapat diketahui seperti bagaimana sanksi hukum yang akan mengancam mereka," ujarnya.

Berita Lainnya

Tulis Komentar Anda

40 + 43

Quote

Kasus lelang keperawanan dan jasa nikah siri merupakan tindakan yang jauh dari peradaban kemanusiaan. Dalam kasus tersebut, perempuan menjadi obyek penderita, perempuan menjadi korban dan perempuan menjadi komoditas

- Okky Asokawati
Langganan Newsletter

Video

okky.asokawati.52
Find Us On Facebook
@AsokawatiOkky
Find Us On Twitter
©2014 okkyasokawati.com. All Rights Reserved.